Friday, May 18, 2007

Berita

Teater Institut Pentaskan
Hikayat Perlawanan Sanikem : Nyai Ontosoroh
SURABAYA, TIU-Perjalanan teater Institut (TI) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kini memasuki usianya yang ke 27 tahun. Diusianya yang semakin tua TI tak pernah berhenti berkarya. Pada tahun 2006 lalu memroduksi Terompet Senjakala naskah R. Giryadi dan sutradara Erik Martadianta di mainkan diajang bergengsi Festival Seni Surabaya (FSS) 2006. Kini di pertengahan tahun 2007 TI kembali hadir dengan naskah Hikayat Perlawanan Sanikem : Nyai Ontosoroh. Naskah ini menurut ketua umum TI yang baru Luksy berasal dari adaptasi novel Bumi Manusia kaya Pramudya Ananta Toer.
"Prosesnya sudah sejak bulan Juni lalu. Saya kira kini saatnya kami mementaskan karya yang diadaptasi oleh saudara R Giryadi," kata Luksy.
Ditambahkannya, Nyai Ontosoroh dimainkan oleh aktor-aktor lintas generasi TI, diantaranya ada nama Ismirul Munawaroh yang juga mantan ketua umum TI 2003-2004. Juga ada Didik Wahyudi, Alek Subairi, Supriwa, Rofi, Pipi, Yusi, dan juga tidak ketinggalan sang sutradara R Giryadi juga ikut bermain.
Rencananya garapan ini akan dipertontonkan di gedung Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur jl.Gentengkali 85 Surabaya tanggal 27 Juni 2007. Selain itu juga akan dipentaskan di STKIP Sumenep tanggal 14 Juli 2007.
Produksi kali ini bekerja sama dengan Sanggar Dua Satu, Kelompok Belajar Sosialis (KBS) dan juga Perguruan Rakyat Merdeka (Jakarta), Alumni Teater Institut (Ateis). g

0 comments:

ALBUM PERTUNJUKAN

ALBUM PERTUNJUKAN
Aeng Versi 1 di IKIP Surabaya tahun 1996-1997. Disutradarai oleh R Giryadi. Dimainkan oleh Achmad Ansori.